Astra Honda Generasi Pembalap Muda Indonesia Menuju MotoGP

Swedish Consulate – Saat ini, Indonesia memiliki harapan besar dalam dunia balap motor internasional melalui Mario Suryo Aji dan astra honda yang berkompetisi di ajang Moto2. Mario diharapkan terus menunjukkan perkembangan hingga mampu mencetak sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang berlaga di kelas MotoGP.

Mario adalah salah satu talenta yang dibina oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Jika Mario nantinya naik ke MotoGP, AHM sudah mempersiapkan generasi pembalap berikutnya yang siap untuk melangkah ke Moto2. Salah satu pembalap muda yang paling dekat dengan peluang tersebut adalah Fadillah Arbi Aditama, yang saat ini tengah berlaga di kelas Moto3.

“Pembalap yang paling dekat menyusul Mario ke Moto2 adalah Arbi,” ungkap Manager Motorsport AHM, Rizky Christanto, saat ditemui di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Minggu (29/9/2024).

“Baca juga: Sun Wukong: Game yang Menghidupkan Legenda Raja Kera”

Pembinaan Berjenjang di Astra Honda Racing School

AHM secara konsisten membina para talenta muda Indonesia melalui Astra Honda Racing School (AHRS). Baik Mario Suryo Aji maupun Fadillah Arbi Aditama adalah lulusan AHRS yang saat ini berlaga di level balapan internasional.

Arbi memulai karier balapnya di kancah internasional melalui Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) pada 2021, saat usianya baru 15 tahun. Kini, pembalap asal Purworejo, Jawa Tengah ini berkompetisi sebagai pembalap reguler di ajang FIM JuniorGP yang berbasis di Eropa.

Prestasi Gemilang Arbi Aditama

Sebagai satu-satunya pembalap Indonesia yang berjuang di FIM JuniorGP, Arbi berhasil mencatatkan prestasi membanggakan. Pada 2023, ia mencetak sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama yang meraih podium tertinggi di ajang tersebut. Pada Grand Prix Mandalika 2024, Arbi tampil di kelas FIM Moto3 World Championship sebagai pembalap wildcard.

Veda Ega Pratama Siap Menyusul

Selain Arbi, Astra Honda Motor juga telah menyiapkan pembalap lain untuk menyusul ke level lebih tinggi, yakni Veda Ega Pratama. “Setelah Arbi, ada Veda Ega Pratama yang akan tampil lebih kuat di Eropa tahun depan,” tambah Rizky.

“Simak juga: Telkomsel Siapkan Jaringan Terluas untuk Seri Balapan Sepeda Motor Dunia di Mandalika”

Astra Honda Motor berharap melalui program penjenjangan karier yang terstruktur, talenta-talenta muda Indonesia dapat terus berkembang hingga mampu bersaing di level tertinggi, yaitu MotoGP. Dengan kerja keras dan dukungan yang berkelanjutan, Indonesia mungkin akan segera melihat pembalapnya berlaga di panggung dunia.

Similar Posts